Naradidik: Journal of Education & Pedagogy
Vol. 3 No. 3 (2024): Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (September 2024)

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya (Studi Kasus SMAN 8 Padang)

Valenza, Yoan (Unknown)
Nora, Desri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakberhasilan SMAN 8 Padang dalam mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya". Meski P5 telah dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, namun siswa belum menunjukkan sikap Profil Pelajar Pancasila, seperti kemampuan bernalar kritis dan sikap antibullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan P5 di SMAN 8 Padang dengan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Purposive sampling digunakan untuk memilih informan, termasuk wakil kurikulum, koordinator, fasilitator, dan peserta didik. Teori struktural fungsional Talcott Parsons digunakan untuk menganalisis data, dengan hasil yang menunjukkan beberapa kendala dalam implementasi, seperti kejenuhan siswa, alokasi waktu yang kurang jelas, dan modul proyek yang tidak tepat. Masalah juga muncul dari pemilihan fasilitator yang kurang relevan dengan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya".

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nara

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (ISSN 2827-864X) is a scientific journal managed by the Department of Sociology Laboratories, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Padang. This journal facilitates publications for research related to the discussion of the structure and dynamics ...