Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
Vol 7, No 1 (2024): Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), August

Analisis Marketing Viral dan Branding Produk Lokal Aqua dan Le Minerale di Instagram

Fathan Auzan Abdullah (Universitas Padjadjaran)
Kunto Adi Wibowo (Universitas Padjadjaran)
Detta Rahmawan (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Perusahaan minuman lokal Aqua dan Le Minerale mempergunakan platform media sosial Instagram sebagai alat untuk mengiklankan produk mereka serta berinteraksi dengan konsumen. Penelitian ini membahas dan meneliti bagaimana brand minuman lokal tersebut memanfaatkan media sosial, terutama Instagram, untuk memperkuat strategi pemasaran mereka, dengan fokus pada penerapan konsep Viral Marketing dari Rayport. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian, dengan mengambil sampel sebanyak 103 unggahan melalui teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan coding book dan coding sheet. Uji Mann-Whitney mengungkapkan perbedaan yang signifikan pada engagement berupa jumlah komentar dan likes antara konten product information dan merupakan konten yang sering di unggah dibandingkan dengan konten lainnya. Strategi promosi yang paling sering digunakan adalah teknik giveaway, kedua brand tersebut menggunakan teknik giveaway, meskipun Aqua lebih banyak menggunakan teknik giveaway dibandingkan Le Minerale. Analisis lebih lanjut menunjukkan perbedaan yang signifikan pada tingkat engagement antara konten event dan entertainment, dimana konten event cenderung memiliki engagement yang lebih tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jehss

Publisher

Subject

Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), publish by Mahesa Research Center, for sources of information and communication for academics and observers about science and methodology. Published papers are the results of research, reflection, and actual critical studies with respect ...