Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 3 (2021)

Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar

Walimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dan orang tua secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca permulaan, pengaruh komunikasi guru terhadap kemampuan membaca permulaan, dan pengaruh komunikasi orang tua terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan tiga variabel yaitu Komunikasi guru (X1), Komunikasi orang tua (X2), dan Kemampuan membaca permulaan (Y). Hasil penelitian menunjukan: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi guru dan komunikasi orang tua secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.000 < 0.05 dan Fh = 11.203. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi guru terhadap kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.097 < 0.05 dan th = 3.524. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi orang tua terhadap kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.028 < 0.05 dan th =2.224

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...