Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Tampubolon, Rina Anggita (Unknown)
Sumarni, Woro (Unknown)
Utomo, Udi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Genap sudah satu tahun lamanya negara Indonesia dilanda pandemi COVID-19 dampaknya pada sektor pendidikan, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring namun kenyataannya pendidikan formal di Indonesia sebelumnya lebih didominasi dengan pembelajaran langsung atau tatap muka. Pembelajaran daring yang terjadi secara tiba-tiba berdampak terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis seberapa besar pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Yayasan IBA Palembang. Sampel yang diambil seluruh siswa kelas III SD Yayasan IBA Palembang sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket dan tes secara daring. Uji keabsahan instrumen angket dan tes dilakukan dengan validasi ahli, uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program komputer SPSS V.18. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan sumbangan terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Yayasan IBA Palembang sebesar 15,9%. Perlu dukungan oleh semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran guna memenuhi seluruh aspek pembelajaran daring dan motivasi belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...