Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Solving pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Hermalindawati, Hermalindawati (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2021

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 06 Rawang Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas. Masalah yang peneliti temukan diantaranya guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, model dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga ada rasa jenuh pada diri siswa, rendahnya minat belajar siswa, dan hasil tes siswa sering dibawah KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru menyelesaikan massalah dalam pembelajaran sehingga terjadi peningkatan pada minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Rawang Sulit Air. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan melalui proses yang dinamis terdiri dari empat “momentum” essensial yaitu perencanaan Tindakan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting) . Rancangan penelitian menggunakan Alur PTK mengikuti model Kemmis dan McTaggart dengan menggunakan Model Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Problem Solving dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 06 Rawang Sulit Air dilihat dari lembar observasi dan hasil tes siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...