Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 6 (2021)

Implementasi dan Evaluasi Moodle dalam Menunjang Pembelajaran Daring Menggunakan Technology Acceptance Model

Wiyono, Nuri (Unknown)
Oktabrianto, Oktabrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di STMIK Insan Pembangunan timbul berbagai persoalan yang berdampak terhadap ketidaklancaran dalam proses pembelajaran, diantaranya materi kuliah tidak sepenuhnya dapat disampaikan karena adanya keterbatasan waktu. Saat penyampaian materi melalui aplikasi video conference misalnya zoom terkadang mengalami kendala di karenakan internet kurang stabil sehingga suara dari dosen ke mahasiswa tidak terdengar dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan learning management system moodle dan melakukan evaluasi penerimaan moodle dalam menunjang pembelajaran daring di STMIK Insan Pembangunan. Memberikan  solusi  dari  permasalahan  yang  ada  dalam keterbatasan interaksi antara dosen dan mahasiswa pada kuliah daring melalui video conference. Penelitian ini menghasilkan E-Learning yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran daring menggunakan moodle yang telah dievaluasi menggunakan Technology Acceptance Model. Berdasarkan hasil evaluasi dari 100 data responden yang di olah menggunakan PLS-SEM  3.0 dapat dikatakan bahwa semua hipotesis dapat diterima dimana niat untuk menggunakan memiliki nilai T-Statistik paling besar yaitu 41,231.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...