Matematika termasuk muatan pelajaran yang menjadi penyebab siswa kesulitan belajar. Ada macam penyebab yang mampu mempengaruhi kesulitan belajar matematika ialah faktor internal serta eksternal. Salah satu faktor internal kesulitan belajar ialah faktor minat belajar siswa, dan faktor eksternal ialah lingkungan keluarga. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif Ex Post Facto. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Girirejo. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas tinggi kelas IV- VI yakni 67 murid dengan sampel sebanyak 36 murid. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data berupa angket. Penelitian ini berguna untuk mengetahui pengaruh faktor minat belajar serta lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar matematika siswa kelas tinggi di SD Negeri 3 Girirejo. Hasil dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh minat belajar serta lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar matematika siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Girirejo. Minat belajar sebesar 17 % serta  lingkungan keluarga  28,2 % secara simultan memberikan kontribusi sebesar 45,2% terhadap kesulitan belajar matematika dan sisanya 54,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022