Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh latar belakang status sosial ekonomi rendah terhadap motivasi siswa di SD Negeri 1 Banaran, dan menjawab bagaimana upaya guru dalam memotivasi siswa dengan status sosial ekonomi rendah. Metode penelitian yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru atau wali kelas I hingga kelas VI SD Negeri 1 Banaran, Andong, Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95% siswa di SD Negeri 1 Banaran merupakan siswa dengan status sosial ekonomi rendah. Hal tersebut dapat dilihat melalui data Badan Pusat Statistik 2020 bahwa Desa Sempu, Andong tercatat memiliki angka tertinggi Program Keluarga Harapan, dan melalui data demografi siswa yang didapatkan melalui guru kelas masing-masing. Melalui kegiatan wawancara kepada guru kelas I hingga VI dapat disimpulkan bahwa latar belakang sosial ekonomi sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa. Dan upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi siswa yaitu berupa memberikan ice breaking tepuk semangat, sanjungan, ucapkan yang menggugah semangat siswa serta pemberian hadiah atau reward.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022