Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 4 (2022)

Penggunaan Metode Mendongeng untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Kusumawati, Dwi Anggi (Unknown)
Rahmiati, Rahmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Salah satu  stimulasi mental anak adalah dengan membaca. Otak sendiri merupakan bagian dari tubuh yang memerlukan banyak latihan dengan tujuan agar tetap kuat dan sehat. Membaca buku adalah salah satu upaya untuk  menjaga otak untuk tetap aktif. Membaca permulaan merupakan salah satu kemampuan dasar yang seharusnya dikuasai oleh Siswa 1 Sekolah Dasar. Namun masih banyak Siswa kelas 1 Sekolah Dasar yang belum bisa membaca bahkan belum mengenal huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemula menggunakan metode mendongeng pada Siswa kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang. Penelitiaan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana subjek penelitian yang diambil ialah populasi Siswa kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang dengan jumlah sebanyak 14 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca pemula menggunakan metode mendongeng  di kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang. Hal tersebut dilihat dari jumlah Siswa yang mendapat hasil ketuntasan membaca dalam kategori baik atau dengan skor ≥80 pada siklus 1 dan siklus 2. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada guru dan juga Siswa kelas 1 SDIT Daarul Azka Cikarang untuk memanfaatkan metode mendongeng ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...