Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 4 (2022)

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar

Saputri, Rahma (Unknown)
Yamin, Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Terdapat berbagai permasalahan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama di sekolah dasar, permasalahannya yaitu siswa kurang percaya diri pada saat membaca dan kurang tepatnya penggunaan ucapan Bahasa Indonesia serta tanda baca yang belum baik dan benar, kurangnya pembiasaan kemampuan membaca pada proses pembelajaran dan pembelajaran yang masih kurang aktif. Tujuan studi kasus ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar dongeng pada siswa sekolah dasar. Studi kasus ini menggunakan jenis true eksperimen dan populasi yang digunakan yaitu siswa kelas IV di MIS Raudlatul Mubtadiin. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dalam bentuk Post-Test Only Control Group design. Model pembelajaran role playing memiliki pengaruh yang sangat baik karena dapat membuat meningkatkan keterampilan berbicara, keterampilan menyimak, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...