Seiring berkembangnya teknologi, proses pembelajaran di kelas juga mulai mengikuti perkembangan. Akan tetapi pada kenyataanya masih banyak guru yang kurang memanfaatkan media digital yang ada untuk diterapkan pada proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada materi implementasi nilai-nilai Pancasila untuk jenjang sekolah dasar serta, menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Metode yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli media, materi, bahasa serta angket respon guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan media interaktif Canva sangat layak digunakan dengan nilai validasi 88,8% (ahli media), 88,04% (ahli materi), dan 98,2% (ahli bahasa). Kepraktisan media juga sangat tinggi berdasarkan penilaian guru 97,8% dan respon siswa 97%. Uji keefektifan menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan skor N-gain 0,8 (kategori tinggi) dengan rata-rata nilai 89%. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif Canva layak, praktis, dan efektif sebagai inovasi media pembelajaran Pancasila di sekolah dasar dengan memanfaatkan aplikasi desain online.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024