Terdapat beberapa keluhan terkait pembelajaran PPKn di sekolah karena penggunaan metode ceramah yang dianggap tidak dapat menarik minat siswa dan pengajaran yang tidak mengakomodir kemampuan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan keterampilan abad 21 pada bagian kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas siswa menggunakan project-based learning dengan media siniar sebagai proyek siswa dalam pelajaran PPKn. Penelitian melibatkan 25 siswa yang berada di kelas sebelas di Sekolah XYZ di Jakarta Utara. Penelitian menggunakan metode pra-eksperimental dengan desain satu grup pretest-posttest. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan setelah penggunaan siniar dalam penugasan siswa. Rata-rata kemampuan kolaborasi siswa meningkat dari 65,72 menjadi 81,36. Selain itu, Kemampuan siswa dalam berpikir kritis juga mengalami peningkatan dari 62,08 menjadi 72,56. Selain itu, kreativitas siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata nilai awal 62,76 menjadi 77,76. Sehingga, dapat dinyatakan bahwa project-based learning dengan menggunakan siniar dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas siswa.
Copyrights © 2024