Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan

Karnel, Elvira Salsabila (Unknown)
Purnomo, Aris Rudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran abad-21 menuntut siswa untuk menguasai berbagai keterampilan, contohnya keterampilan memecahanan masalah guna menghadapi masalah, mencari solusi dan mempertimbangkan sudut pandang yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa terhadap penerapan Problem Based Learning dalam materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan pada salah satu SMP di Surabaya dengan melibatkan siswa kelas VII-E sebanyak 33 siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis dengan intrumen lembar tes tulis berindikator keterampilan pemecahan masalah, selanjutnya hasil peningkatan akan diukur melalui skor N-Gain.. Hasil keterampilan pemecahan masalah siswa pada saat pretest memperoleh rata-rata sebesar 51,52 dan terdapat peningkatan pada saat siswa mengerjakan lembar posttest rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 86,32. Selain itu, dapat diperoleh hasil N-gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Tiap indikator keterampilan pemecahan masalah mendapat skor peningkatan pada kategori tinggi yakni mengerti permasalahan memperoleh hasil N-gain sebesar 0,72, membuat rencana pemecahan masalah memperoleh hasil N-gain sebesar 0,77, menjalankan rencana memperoleh hasil N-gain sebesar 0,83 dan periksa kembali memperoleh hasil N-gain sebesar 0,80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa khususnya pada pembelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...