Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa seperti Guru yang tidak memahami materi yang diajarkan, kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan soal, kemalasan beberapa siswa, dan kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika adalah beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa dalam matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SDN Sarirejo kelas IV, yang terdiri dari 28 siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa, dan variabel bebas adalah penerapan model PBL. Data dikumpulkan melalui metode tes. Hasil matematika sebelum dan setelah siklus dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika, terutama dalam materi operasi hitung pecahan, dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Sebelum tindakan, hanya 8 siswa (atau 29 persen dari total siswa) mencapai ketuntasan. Siswa yang tuntas meningkat menjadi 25 (89%) pada siklus I dan 16 (57%). Lebih dari 80% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) sebesar 70; ini menunjukkan bahwa penelitian ini dianggap berhasil
Copyrights © 2024