Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen semu atau Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun total 44 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil lpenelitian lmenunjukkan lbahwa: l(1) lRata-rata lketerampilan lberbicara lsiswa lyang lmenggunakan lmodel lpembelajaran lReciprocal lTeaching llebih ltinggi lsebesar l7,22727 lModel lpembelajaran lReciprocal lTeaching lefektif ldalam lmeningkatkan lketerampilan lberbicara lsiswa lkelas lV lSD lMuhammadiyah lAmbarbinangun. lHal lini ldibuktikan ldengan lnilai lsig. l(2-tailed) lsebesar l0,000 lyang llebih lkecil ldari l0,05, lsehingga lH0 lditolak ldan lHa lditerima. lDisimpulkan lbahwa lmodel lpembelajaran lReciprocal lTeaching lefektif ldalam lmeningkatkan lketerampilan lberbicara lsiswa lkelas lV lSD lMuhammadiyah lAmbarbinangun
Copyrights © 2024