Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

WACANA PERSUASIF PADA POSTER IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA DEPOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Putri, Ulmi Apriyanti (Unknown)
Siagian, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Wacana persuasif pada poster iklan layanan Masyarakat di kota Depok yaitu dapat membantu memahami seberapa efektif kalimat yang disampaikan dalam mengubah sikap dan perilaku masyarakat. tujuannya adalah untuk mengidentifikasi ciri ciri bentuk wacana persuasif pada poster layanan masyarakat untuk memahami efektivitas elemen-elemen persuasif yang digunakan, seperti penggunaan gambar, teks, warna, dan slogan, dalam menyampaikan pesan yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif dan Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian nya adalah wacana persuasif yang terdapat dalam poster iklan layanan masyarakat di kota Depok bersifat ajakan, imbauan, dan bujukan. Penggunaan wacana persuasif imbauan lebih dominan dibandingkan dengan persuasif ajakan dan bujukan. Penggunaan wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok mencapai 100 temuan. Temuan tersebut terdiri atas berdaya ajakan 24 temuan atau 24%, berdaya imabuan 70 temuan atau 70%, dan berdaya bujukan 6 temuan atau 6%. Hasil penelitian wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok dapat dimplikasikan kepada siswa SMP kelas VIII mengenai materi poster.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...