Wacana persuasif pada poster iklan layanan Masyarakat di kota Depok yaitu dapat membantu memahami seberapa efektif kalimat yang disampaikan dalam mengubah sikap dan perilaku masyarakat. tujuannya adalah untuk mengidentifikasi ciri ciri bentuk wacana persuasif pada poster layanan masyarakat untuk memahami efektivitas elemen-elemen persuasif yang digunakan, seperti penggunaan gambar, teks, warna, dan slogan, dalam menyampaikan pesan yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif dan Teknik yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian nya adalah wacana persuasif yang terdapat dalam poster iklan layanan masyarakat di kota Depok bersifat ajakan, imbauan, dan bujukan. Penggunaan wacana persuasif imbauan lebih dominan dibandingkan dengan persuasif ajakan dan bujukan. Penggunaan wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok mencapai 100 temuan. Temuan tersebut terdiri atas berdaya ajakan 24 temuan atau 24%, berdaya imabuan 70 temuan atau 70%, dan berdaya bujukan 6 temuan atau 6%. Hasil penelitian wacana persuasif pada poster iklan layanan masyarakat di kota Depok dapat dimplikasikan kepada siswa SMP kelas VIII mengenai materi poster.
Copyrights © 2024