Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN USER EXPERIENCE (UX) PADA RANCANGAN APLIKASI LAYANAN DARURAT UNTUK KENDARAAN BERMOTOR

Rayhan Ramdhany Hanaputra (Politeknik Siber dan Sandi Negara)
Ihsan Fadli Tampati (Politeknik Siber dan Sandi Negara)
Hermawan Setiawan (Politeknik Siber dan Sandi Negara)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang user experience (UX) aplikasi layanan darurat bagi pengendara sepeda motor menggunakan metode Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tahap empathize melibatkan wawancara dengan pengendara kendaraan bermotor untuk memahami masalah utama mereka. Tahap define menghasilkan persona pengguna dan empathy map untuk memperjelas kebutuhan dan masalah pengguna. Pada tahap ideate, berbagai ide dikembangkan untuk pembuatan prototipe UX aplikasi. Prototipe diuji untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam merancang UX aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengendara sepeda motor, menyediakan layanan darurat seperti tambal ban, pom bensin, bengkel, towing, derek, dan konsultasi kesehatan. Pengujian menggunakan SEQ (Single Ease Question) menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan oleh pengguna

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...