Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

STRATEGI PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF DALAM DAKWAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AUDIENS

Zulhendra, Zulhendra (Unknown)
Repelita, Trydais (Unknown)
Lahay, Cahyani (Unknown)
Hendra, Welly (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Berdakwah merupakan kegiatan penting dalam menyebarkan ajaran agama kepada masyarakat. Kesuksesan dakwah sangat tergantung pada keterampilan komunikator dalam menyampaikan pesan secara jelas dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi penggunaan kalimat yang efektif dalam dakwah untuk meningkatkan pemahaman audiens. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan analisis kualitatif terhadap contoh-contoh dakwah yang berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalimat efektif dapat meningkatkan daya tarik dan daya serap pesan dakwah. Beberapa strategi yang diidentifikasi meliputi penggunaan bahasa yang sederhana dan jelas, penyusunan kalimat yang logis dan koheren, serta penerapan teknik retorika yang mampu menarik perhatian audiens. Selain itu, adaptasi bahasa sesuai dengan konteks sosial dan budaya audiens juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan dakwah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pedoman praktis bagi para dai dan pendakwah dalam merancang dan menyampaikan pesan dakwah dengan lebih efektif. Dengan cara ini, dakwah dapat mencapai tujuan utamanya yaitu menyebarkan kebaikan dan nilai-nilai agama dengan lebih luas dan mendalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...