Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

PENGGUNAAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA IBU HAMIL SELAMA PROSES PERSALINAN

Diana Ulfah (Universitas Bhakti Kencana)
Fithri Ratnasari (UPTD Puskesmas Pasirkaliki Kota Bandung)
Yeni Elviani (Poltekkes Kemenkes Palembang)
Siti Fatimah (Poltekkes Kemenkes Palembang)
Sri Sumartini (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan teknik relaksasi dalam mengurangi kecemasan pada ibu hamil selama proses persalinan. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini melakukan analisis terhadap artikel-artikel ilmiah yang relevan dari basis data akademik seperti PubMed dan Google Scholar. Temuan dari studi literatur menunjukkan bahwa teknik relaksasi, termasuk pernapasan dalam, meditasi, dan visualisasi, efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan pada ibu hamil. Implementasi teknik ini tidak hanya membantu ibu hamil untuk mengendalikan respons stres mereka, tetapi juga berpotensi mempengaruhi kesehatan fisik selama persalinan dengan mengurangi kebutuhan akan intervensi medis yang intensif. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan pelatihan teknik relaksasi dalam perawatan prenatal rutin sebagai bagian dari persiapan ibu hamil menghadapi proses persalinan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan landasan ilmiah yang kuat bagi praktisi kesehatan untuk meningkatkan perawatan kesehatan maternal dengan pendekatan yang holistik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...