Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Positioning dengan metode SWOT sebagai strategi perbaikan perusahaan pada Kantor Jasa Penilai Publik Ni Made Tjandra Kasih di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik Analisis Data menggunakan metode SWOT dengan Evaluasi Faktor Internal dan Evaluasi Faktor Eksternal. Informan penelitian berjumlah 10 (Sepuluh) orang yang merupakan pegawai Kantor Jasa Penilai Publik Ni Made Tjandra Kasih Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Jasa Penilai Publik berada pada kuadran 1, posisi ini menandakan perusahaan yang kuat dan berpeluang maka strategi yang harus diterapkan adalah SO yaitu: Mempertahankan penilaian yang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan dan SPI (Standar Penilaian Indonesia), Mempertahankan karyawan yang loyal dengan perusahaan, Meningkatkan hubungan yang baik dengan para pelanggan dan debitur. Adapun strategi bersaing menggunakan Matrik Internal – Eksternal yaitu: Meningkatkan keahlihan tenaga kerja dan memberikan pendidikan dasar penilai, Menciptakan pelayan yang lebih baik, Memberikan hasil penilaian dengan waktu yang cepat dan memperhatikan sarana dan prasarana kantor
Copyrights © 2024