Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SNP 12:2017) DI PERPUSTAKAAN SMKN 1 LEMBAH GUMANTI

Yanti, Marlina Evi (Unknown)
Desriyeni, Desriyeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti; (2) evaluasi implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP 12:2017) di Perpustakaan SMKN 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdapat 3 orang yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan pustakawan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa. (1) implementasi standar nasional perpustakaan No.12 Tahun 2017 di SMKN 1 Lembah Gumanti menunjukan; (a) standar koleksi yang belum sesuai dengan (SNP) adalah jumlah koleksi, jenis koleksi perpustakaan, jumlah koleksi referensi tidak terpenuhi, perawatan bahan perpustakaan belum optimal sedangkan yang sudah memenuhi standar meliputi pengelolaan bahan perpustakaan, cacah ulang dan penyiangan; (b) standar sarana dan prasarana yang belum memenuhi SNP adalah gedung, area, dan sarana prasarana sedangkan yang sudah memenuhi (SNP) adalah lokasi perpustakaan (c) standar pelayanan yang belum sesuai standar yaitu jam layanan, jenis layanan serta tidak memiliki program seperti program wajib baca, literasi informasi, dan pendidikan pemustaka, sedangkan yang sudah sesuai stadar yaitu laporan, dan kerja sama. (d) standar tenaga perpustakaan yang belum sesuai dengan standar yaitu jumlah pustakawan hanya satu orang sedangkan yang sudah sesuai dengan standar yaitu kualifikasi tenaga pustakawan dan kualifikasi kepala perpustakaan. (e) standar penyelenggaraan belum sesuai dengan standar yaitu, pendirian perpustakaan, Nomor Pokok Perpustakaan, struktur ogranisasi, program kerja belum dibuat secara terlulis, sedangkan yang sudah sesuai standar adalah penyelenggaraan perpustakaan. (f) standar pengelolaan perpustakaan yang belum sesuai dengan standar yaitu belum memiliki visi dan misi perpustakaan, sedangkan yang sudah memenuhi yaitu tujuan, kebijakan, tugas, fungsi dan anggaran perpustakaan. (2) evaluasi impelementasi Standar Nasional Perpustakaan No.12 Tahun 2017 di SMKN 1 Lembah Gumanti menunjukan komponen SNP belum diterapkan dan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan No.12 Tahun 2017.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...