Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Masni, Harbeng (Unknown)
Zahar, Erlina (Unknown)
Hutabat, Zuhri Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan layanan. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang di SMAN 10 Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini berupa data yang diperoleh dari responden melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Penerapan Layanan Penguasaan Konten untuk mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 di SMAN 10 Kota Jambi. hal ini dapat dilihat pada hasil kegiatan pengabdian pada lembar observasi, hasil wawancara dan kegiatan pembelajaran pada materi bimbingan konseling. Pada hasil Siklus I, siswa sudah memahami pentingnya memiliki keterampilan belajar yang efektif dan efisien serta penguasaan teknik 3M. Sementara itu, pada hasil siklus II, siswa sudah memahami dan mampu menunjukkan perilaku belajar yang baik, yang ditunjukkan dalam bentuk kedisiplinan, kerjasama dan tanggung jawab. Hal ini dapat dilihat dari hasil kerja siswa yang didasarkan atas kesepakatan bersama, dan telah menunjukkan bahwa mereka mampu saling bertukar pendapat, bekerja sama dalam menyelesaikan setiap permasalahan, dan mampu bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang telah disepakati bersama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...