Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

PENGARUH MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Putri, Maullatul Hajar Sukarno (Unknown)
Sulistyawati, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media PPT Interaktif terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas III D sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan tes, Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan perhitungan aplikasi SPSS versi 21. Hasil perhitungan t-test pada nilai posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diperoleh sebuah nilai yang signifikan yaitu < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara media PPT Interaktif terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas III B dan kelas III D di SDN Ngagelrejo 1/396 Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...