Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media PPT Interaktif terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B sebagai kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelas III D sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan tes, Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan perhitungan aplikasi SPSS versi 21. Hasil perhitungan t-test pada nilai posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diperoleh sebuah nilai yang signifikan yaitu < 0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara media PPT Interaktif terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas III B dan kelas III D di SDN Ngagelrejo 1/396 Surabaya.
Copyrights © 2024