Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

PENGARUH KESADARAN PUBLIK, KESADARAN MEREK, DAN KUALITAS PERSEPSIAN TERHADAP MINAT BELI KENDARAAN HEMAT ENERGI DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Mahendra Abilawa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muzakar Isa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Kesadaran terhadap energi yang lebih murah dan hemat energi semakin menjadi perhatian dewasa ini. Minat untuk membeli sebuah kendaraan yang hemat energi juga dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya adalah bagaimana kesadaran publik dan bagaimana kualitas persepsi yang dibangung oleh merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara kesadaran publik, kesadaran merek, kualitas persepsian terhadap minat beli kendaran hemat energi dengan kepercayaan merek sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Masyarakat Indonesia yang mengetahui kendaraan dengan energi listrik menjadi populasi penelitian ini. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 212 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM Smart PLS. Hasil penelitian menyatakan bahwa kesadaran publik, kesadaran merek, kualitas persepsian berpengaruh terhadap kepercayaan merek. Kemudian kepercayaan merek juga terbukti berpengaruh terhadap minat beli. Temuan lain pada penelitian ini didapatkan bahwa kepercayaan merek menjadi mediasi secara parsial dan menunjukkan hasil yang signifikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...