Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

HASIL BELAJAR MELALUI DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SMA 6 KABUPATEN SIJUNJUNG )

Indah Nuryani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Jolianis Jolianis (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ffi Yasmi (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa berdasarkan data perbandingan nilai Ujian Nasional/ nilai ujian satuan pendidikan (USP) tingkat SMA Negeri se Kabupaten Sijunjung, SMA 6 Sinjunjung yang Terakreditasi B berada pada peringkat 11 dengan jumalah rata-rata 50 yang ujian diikuti oleh 93 siswa. Sedangakan peringkat pertama dipegang oleh SMA N 1 Sijunjung yang terakreditasi A dengan jumlah nilai rata-rata 70,83 dan peringkat terakhir diperoleh oleh SMA N 9 Sijunjung dengan jumlah nilai rata-rata 49,72. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa SMA N 6 Sijunjung masih relatif rendah. Menimbulkan bahwa sejumlah faktor mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana lingkungan belajar dan lingkungan keluarga mempengaruhi hasil belajar di SMA N 6 Sijunjung dengan melihat motivasi belajar dan disiplin belajar sebagai variabel yang saling bergantung. Pendekatan deskriptif asosiatif digunakan dalam penelitian ini. Siswa dari kelas SMAN 6 Sijunjung pada tahun ajaran 2023-2024 menjadi populasi penelitian ini. Dengan menggunakan prosedur yang dikenal sebagai proporsional random sampling, 86 orang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dengan jalur analisis dan uji t sebagai instrumen penelitian. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS, pengolahan dan analisis data dilakukan untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap disiplin, motivasi, dan hasil belajar, sehingga, fasilitas belajar, lingkungan keluarga, disiplin, dan motivasi belajar perlunya ditingkatkan untuk memaksimalkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Sijunjung .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...