Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL PADA SISWA KELAS IV SD DJAMA’ATUL ICHWAN

Vera Yunita Prihapsari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Supriyono Supriyono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ahmad Syafi’i (SD Djama’atul Ichwan Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan volume bangun menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM yiatu 75. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam memahami materi luas dan volume yang diajarkan sehingga siswa merasa bingung dan tidak tertarik pada pembelajaran yang berakibat menurunnya hasil belajar. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi persentase siswa tuntas pada pra-siklus = 22 %, siklus I = 64 %, siklus II = 93 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas dan volume.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...