Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA PADI UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PIKTOGRAM SISWA KELAS IV SD BESKALAN

Joleha, Siti (Unknown)
Utomo, Arief Cahyo (Unknown)
Undari, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Beskalan Surakarta dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Padi pada materi diagram batang dan piktogram. Model PjBL dipilih karena kemampuannya untuk mengintegrasikan konsep-konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes akhir pembelajaran dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan PjBL, sebagian besar siswa (60%) memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan PjBL pada Siklus I, terdapat peningkatan yang signifikan, dengan 60% siswa mencapai nilai di atas KKM. Penerapan model ini dilanjutkan pada Siklus II dengan perbaikan, menghasilkan 83% siswa mencapai nilai di atas KKM. Penerapan media Padi dalam PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi diagram batang dan piktogram. Media ini membantu siswa dalam memvisualisasikan data dan bekerja secara kolaboratif, yang pada gilirannya meningkatkan hasil belajar matematika mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL dengan bantuan media Padi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan menyenangkan bagi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...