Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Beskalan Surakarta dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Padi pada materi diagram batang dan piktogram. Model PjBL dipilih karena kemampuannya untuk mengintegrasikan konsep-konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes akhir pembelajaran dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan PjBL, sebagian besar siswa (60%) memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan PjBL pada Siklus I, terdapat peningkatan yang signifikan, dengan 60% siswa mencapai nilai di atas KKM. Penerapan model ini dilanjutkan pada Siklus II dengan perbaikan, menghasilkan 83% siswa mencapai nilai di atas KKM. Penerapan media Padi dalam PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi diagram batang dan piktogram. Media ini membantu siswa dalam memvisualisasikan data dan bekerja secara kolaboratif, yang pada gilirannya meningkatkan hasil belajar matematika mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL dengan bantuan media Padi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan menyenangkan bagi siswa.
Copyrights © 2024