Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran pendidik dalam menanggulangi penyimpangan perilaku dalam perpektif Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan instrumen penggalian data wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 65 Jakarta dapat diketahui bahwa peran pendidik sangat penting karena menjadi aktor dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, dan menjadikan manusia yang bertauhid kepada Allah SWT. Strategi yang dilakukan pendidik dalam menanggulangi penyimpangan perilaku adalah, pertama, dengan melaksanakan pembiasaan dengan melakukan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan yang kedua, dengan memberikan informasi, edukasi berupa sosialisasi tentang penyimpangan perilaku baik segi pandangan Agama Islam maupun segi kesehatan dan dampak buruk pada masyarakat. Pendidik PAI telah memberikan upaya dengan sebaik – baiknya dalam membentuk karakter peserta didik yang menjunjung tinggi budi pekerti, akhlaq mulia dan dapat memiliki benteng untuk memperkokoh keimanan dan ketaqwaan agar dapat menahan diri untuk tidak terjerumus kepada hal-hal negatif yang memiliki dampak buruk terhadap masa depan maupun dampak buruk untuk masyarakat terutama di lingkungan pendidikan
Copyrights © 2024