Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA

Munfaida, Munfaida (Unknown)
Abdullah, Ghufron (Unknown)
Sudana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 159 guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Uji hipotesis penelitian meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh peran kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 62,7%; (2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 56,8%; (3) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 57,7%; (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 64,4%..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...