Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 159 guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Uji hipotesis penelitian meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh peran kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 62,7%; (2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 56,8%; (3) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 57,7%; (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar 64,4%..
Copyrights © 2024