Fenomena dari permasalahan yang peneliti ambil adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV SD N 02 malangjiwan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem based learning pada pendidikan Pancasila materi sikap dan perilaku yang mencerminkan pengalaman Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di SD N 02 Malangjiwan tahun 2023/2024. Penelitian ini melakukan kegiatan secara dua siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dengan pilihan ganda sebanyak 10 soal dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang belum mencapai KKM pada siklus pertama terdapat 66,7% kemudian siklus 2 menunjukkan 86,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024