Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA (FLASHCARD) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS I SD NEGRI 06 PONTIANAK UTARA

Kiding, Theresa Imaculata (Unknown)
Salimi, Asmayani (Unknown)
Pranata, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran kartu kata (flashcard) terhadap kemampuan literasi baca tulis siswa kelas I SD Negeri 06 Pontianak Utara. Metode yang digunakan adalah eksperimen bentuk Quasi-Experimental Design dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kela I yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas I A berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas I B berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan alat pengumpul data berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan perolehan thitung = 2,064 < nilai ttabel sebesar 2,015 dengan taraf signifikansi = 0,05, dan derajat kebebasan (dk) = k-2 = (22 + 24) – 2 = 44, maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran kartu kata (flashcard) terhadap kemampuan literasi baca tulis siswa kelas I SD Negeri 06 Pontianak Utara. Perolehan effect size (ES) sebesar 0,609 (kriteria sedang). Sehingga media pembelajaran kartu kata (flashcard) memberikan penigkatan literasi baca tulis bagi siswa kelas I SD Negeri 06 Pontianak Utara berkategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...