Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, dengan salah satu bentuk keterampilan menulis adalah menulis teks deskripsi. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks deskripsi, sehingga penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang menggunakan media virtual reality (VR) dan yang tidak. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized pretest-posttest control group design. Uji normalitas pada keterampilan analisis unsur kebahasaan deskripsi menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai signifikan 0,175, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai signifikan 0,200; keduanya lebih besar dari 0,05, menandakan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas varians menghasilkan p-value 0,052 > 0,05, yang berarti varians populasi kedua kelompok sama atau homogen. Hasil penelitian di SMP Islam Al-Azhar 25 Tangerang Selatan menunjukkan bahwa penggunaan model project-based learning berbasis virtual reality memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII. Dengan demikian, metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam materi teks deskripsi.
Copyrights © 2024