Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Endayani, Henni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul, menguji kevalidan, kepraktisan dan keefktifan modul Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan. Hasil penelitian yaitu (1) modul PBM dikembangkan menggunakan model 4D meliputi tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. (2) modul PBM yang dikembangkan memenuhi kriteria valid baik dari segi materi dengan persentase sebesar 85% dan segi media dengan persentase sebesar 87%. (3) modul PBM yang dikembangkan juga mencapai kriteria praktis dengan persentase sebasar 76% dari respon mahasiswa. (4) modul PBM juga efektif baik pengujian dari segi hasil belajar mahasiswa dengan ketuntasan 81% maupun dari segi waktu yang ditinjau dari segi aktifitas mahasiswa selama kegiatan PBM berlangsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...