Tujuan dari penelitian ini untuk memperbaiki hasil belajar matematika siswa kelas II SD Muhammadiyah 23 Surakarta pada semester kedua tahun pelajaran 2023/2024 dalam materi bangun ruang dan bangun. Hasil belajar sebelum penelitian ini dilakukan menunjukkan nilai yang kurang maksimal. Hasil ulangan Matematika dengan materi bangun datar dan bangun ruang siswa SD Muhammadiyah 23 Surakarta pada semester kedua tahun pelajaran 2023/2024 adalah 33% dari 28 siswa yang tuntas. Penelitian tindakan kelas sangat penting dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran perbaikan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus memiliki empat fase. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Data penelitian diperoleh melalui tes, kemudian dianalisis secara deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah siklus. Temuan peneliti ini meningkatnya nilai rata-rata kelas sebelum tindakan dari 62, menjadi 86 setelah tindakan. Jumlah siswa yang tuntas dari 9 menjadi 24. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang. Penelitian ini dapat dikatakan sukses karena berhasil mencapai target kinerja, yaitu 75% siswa memperoleh nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Copyrights © 2024