Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era persaingan yang ketat antar sekolah, pemasaran jasa pendidikan menjadi sangat penting untuk menarik minat siswa. SMA Negeri 9 Wajo harus mampu menonjolkan keunggulannya dan membangun citra yang kuat melalui strategi pemasaran (bauran) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMA Negeri 9 Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan analisis menggunakan statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial berupa uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dengan regresi linier sederhana, uji parsial (uji-t), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa pendidikan memiliki pengaruh terhadap keputusan siswa memilih sekolah di SMA Negeri 9 Wajo.
Copyrights © 2024