Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2024): Juli -Desember 2024

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMA

Siti Nur Aisyah (Unknown)
Rahman, Arief Aulia (Unknown)
Sianipar, Bistok (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Minimnya keaktifan belajar matematika siswa merupakan masalah utama yang menghambat proses pembelajaran, sehingga Model Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada model Problem-based Learning. Kami melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi keaktifan belajar, wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada model Problem-based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...