Perguruan Tinggi Muhammaadiyah dan Aisyiyah (PTMA) di Indonesia tersebar diberbagai wilayah.. Akreditasi PTMA yang ada juga beragam dan memberikan kesan tentang kualitas pendidikan dalam institusi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebaran kondisi dan kualitas pendidikan PTMA melalui status akreditasnya, memberikan gambran deskriptif perolehan pengukuran mutu PTMA, dan mengklasterisasikan dengan algoritma k-means pada hasil pemeringkatan mutu PTMA diĀ Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupan pengolahan data statistik sederhana untuk mendapatkan gambaran kondisi PTMA di indonesia. Kemudian dilakukan klasterisasi algoritma k-means dengan iterasi 3 kali pada hasil pemeringkatan mutu PTMA. Hasilnya didapati beberapa penyajian data menunjukkan adanya ketimpangan konsentrasi jumlah PTMA di wilayah barat dan timur Indonesia. Klasterisasi k-means menghasilkan 3 kelas dengan sebaran akreditasi PTMA di tiap kelas A, B, C, dan belum akreditasi. Kelas 3 pada klastersisasi k-means menunjukkan kecenderungan institusi yang memiliki kualitas akreditasi lebih tinggi, dengan dominasi akreditasi B dan Baik Sekali dan lebih sedikit institusi yang belum terakreditasi.
Copyrights © 2024