Antrian di puskesmas menjadi salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Antrian yang panjang dapat membuat pasien merasa tidak nyaman dan membuang-buang waktu. Masalah yang dihadapi saat ini adalah Pendaftaran dan antrian di UPT Gema masih dilakukan secara manual, ketika pasien berobat ke puskesmas terlebih dahulu harus menghubungi staf secara langsung ke puskesmas dan mengantri tidak mengetahui kapan giliran pasien dipanggil berobat, sehingga pasien bosan menunggu antrian yang begitu lama. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah UCD dan HCI akan melalui beberapa tahapan yang membentuk sebuah alur yang sistematis. hasil penelitian adalah mempermudah pendaftaran dan antrian di UPT puskesmas gema. Dengan menggunakan aplikasi pelayanan iHealth yang terkomputerisasi web untuk admin dan android untuk user akan membantu efisiensi kinerja staf dalam mengontrol data dan memudahkan pasien yang ingin berobat ke puskesmas hanya dengan mendaftar menggunakan smartphone. Proses pengembangan aplikasi pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Gema dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip UCD dan HCI. Penelitian ini memberikan perhatian besar pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Aplikasi berhasil dirancang dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Dengan mengintegrasikan teknologi QR code, sistem pendaftaran dan antrian di UPT Puskesmas Gema berhasil ditingkatkan. Penggunaan QR code sebagai identifikasi pasien mempermudah proses pendaftaran dan pengambilan nomor antrian, sehingga mengurangi antrian dan waktu tunggu pasien.
Copyrights © 2024