Jurnal Penjaskesrek
Vol. 11 No. 1 (2024)

PENGARUH LATIHAN DRILL TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS PADA SISWA SMP 18 BANDA ACEH

Munzir, Munzir (Unknown)
Malik, Abdul (Unknown)
Is, Zulheri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Kecepatan dalam renang gaya bebas merupakan elemen vital bagi seorang perenang untuk mencapai performa terbaik. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kecepatan renang adalah latihan drill yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan drill terhadap kecepatan renang gaya bebas pada siswa SMP 18 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan mengunakan desain one- group pretes- postes. Sampel yang digunakan dalam penelitian@ini berjumlah 30 siswa@kelas VIII dengan tehnik penarikan sampel mengunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes kecepatan renang gaya bebas berdasarkan komponen gerak dasar. Data pre- test diperoleh sebelum perlakuan dan data pos-test diperoleh setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pre- test (M=67.27, SD=1.780) dan skor pos- test (M=62.13, SD=1.925). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0.05) dengan t-hitung 30.877 lebih besar dari t-tabel 1.69726. Hal ini menunjukkan bahwa latihan drill berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kecepatan renang gaya bebas pada siswa. AbstractSpeed in freestyle swimming is a vital element for a swimmer to achieve the best performance. One of the important factors that can affect swimming speed is proper drilling. This study aims to determine the effect of drill training on freestyle swimming speed in SMP 18 Banda Aceh students. This study uses a quantitative method with a one-group pretest-posttest design. The research sample amounted to 30 grade VIII students which was determined by the total sampling technique. The data collection instrument is a freestyle swimming speed test based on basic motion components. Pretest data were obtained before treatment and posttest data were obtained after treatment. The results showed a significant difference between the pretest score (M=67.27, SD=1.780) and the posttest score (M=62.13, SD=1.925). The results of the hypothesis test using the t-test showed a significance value of 0.000 (p<0.05) with a t-count of 30.877 greater than the t-table 1.69726. This shows that drill training has a positive and significant effect on increasing freestyle swimming speed in students.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

penjaskesrek

Publisher

Subject

Education Physics Public Health

Description

Articles to be published on Penjaskesrek should follow the focus and scope of this journal. The scope of this journal is sports ...