Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 5 (2024)

Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial melalui Metode Teams Game Tournament Pada Siswa Tunagrahita Ringan di Sekolah Luar Biasa

Eiffani, Lya Nur Azizah (Unknown)
Utami, Ratna Tri (Unknown)
Maisuheti, Maisuheti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Pendidikan penting dalam menciptakan sumber daya baru dengan potensi dan kualitas yang tinggi, sehingga metode pembelajaran dibutuhkan. Tujuan penelitin ini yaitu untuk mengetahui seberapa efektif metodeTeams Game Tournament dapat meningkatkan minat serta prestasi belajar anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan penelitiaan tindakan kelas (PTK), desain penelitian yaitu desain model Kemmis dan MC.Taggart dengan siklus yang melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subjek yaitu 4siswa tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Pesisir Barat.Hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan pada hasil akhir pembelajaran. Hal ini bisa dibuat kesimpulan bahwasanyadengan metode Teams Game Tournament bisamenaikkan hasil belajar dan minat siswa tuunagrahita ringan di SLBN Pesisir Barat kelas IV. Saran dari penelitian ini yaitu harapannya bisamemberi manfaat untukseluruh pihak bagi guru serta sekolah diharapkan dapat menjadi strategi pembelajaran ABK yang lainnya dan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya bisa mengembangkan metode dan media yang digunakan supaya memiliki perbandingan yang lebih banyak dan lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...