Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 1 (2025)

Implementasi Metode Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar

Miranda, Varianta Java Yuam (Unknown)
Utama, Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Metode Project Based Learning (PjBL) merupakan metode pembelajaran yang bermakna dan bersifat kontekstual, dengan menerapkan metode PjBL siswa dapat menunjukkan kreativitasnya dan juga siswa diharapkan dapat belajar mandiri dengan meningkatkan motivasi belajarnya. Maka dari itu, guru dituntut untuk memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai khususnya pada pembelajaran Matematika. Matematika salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh siswa pada jenjang sekolah dasar, dengan mempelajari ilmu matematika siswa dapat mengenal angka, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian macam-macam bangun sekaligus bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dalam memecahkan masalah. Artikel ini mendiskusikan tentang implementasi atau penerapan metode Project Based Learning (PjBL) metode ini merupakan metode yang cocok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Pada akhir pembahasan akan diuraikan bagaimana implementasi metode Project Based Learning dalam pembelajaran Matematika kelas 1 di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...