Penelitian ini dilakukan untuk melihat capaian pembelajaran peserta didik kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang, melalui media dadu dan menggunakan model pembelajaran klasikal dengan mengajak peserta didik untuk aktif selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan yang dilihat yaitu masih belum optimalnya peserta didik dalam materi penjumlahan sampai 20. Masih ada beberapa peserta didik yang perlu bimbingan oleh guru selama pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka sebagai calon guru profesional diharuskan memiliki metode atau model yang efektif selama pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran klasikal dan media dadu untuk mengajak peserta didik untuk memahami materi penjumlahan sampai 20. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kemampuan peserta didik dalam materi penjumlahan untuk melihat tercapainya kemampuan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dan memiliki capaian yang bagus. Peserta didik senang selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media dadu dan memudahkan dalam memahami materi penjumlahan sampai 20. Model pembelajaran klasikal juga memiliki fokus dalam melihat keaktifan peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan pola tugas dan kegiatan yang sama sehingga membantu guru untuk membantu meningkatkan kemampuannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025