Penggunaan teknologi yang telah memasuki era AI menuntut pendidikan di Indonesia juga perlu ditingkatkan juga sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga perlu adanya pembahasan terkait penggunaan AI dalam proses belajar mengajar. Artikel ini bertujuan untuk memahami kebutuhan belajar Generasi Z secara umum dan membahas asesmen personal berbasis AI untuk Generasi Z. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Disebutkan bahwa bahwa Generasi Z memiliki kebutuhan belajar yang unik dan berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka menyukai pembelajaran interaktif, menggunakan teknologi, dan belajar hal-hal yang relevan dengan kehidupan mereka. Asesmen personal berbasis AI yang akan dibahas terdiri dari kuesioner, tes, dan analisis data dengan menggunakan AI ChatGPT. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang kebutuhan belajar, gaya belajar, dan bakat. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik terkait pengetahuan IPS. Analisis data menggunakan teknik AI ChatGPT untuk mengidentifikasi pola dan kebutuhan belajar peserta didik. Rekomendasi pembelajaran diberikan berdasarkan hasil analisis data. Uji coba asesmen personal berbasis AI menunjukkan bahwa asesmen ini cukup efektif dalam membantu memahami kebutuhan belajar peserta didik, memahami gaya belajar, maupun bakat peserta didik dan kemudian guru bisa memberikan rekomendasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan data dari hasil assesmen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025