Di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, ditemukan masalah rendahnya kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan serta membandingkan dampak penerapan model CTL dan PBL terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi teorema Pythagoras. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi studi ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, dengan sampel yang terdiri dari kelas VIII D, VIII E, dan VIII G. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan literasi numerasi. Hasil analisis One-Way ANOVA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model CTL dan PBL terhadap kemampuan literasi numerasi (signifikansi = 0,003 < 0,05). Selanjutnya, uji Tukey menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti model CTL memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik, dengan rata-rata skor 17,71, dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model PBL (rata-rata skor 17,43) dan model pembelajaran langsung (rata-rata skor 15,06).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024