Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi di SMP

Yunita, Wiwin (Unknown)
Huda, Nizlele (Unknown)
Syaiful, Syaiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, ditemukan masalah rendahnya kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan serta membandingkan dampak penerapan model CTL dan PBL terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi teorema Pythagoras. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi studi ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, dengan sampel yang terdiri dari kelas VIII D, VIII E, dan VIII G. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan literasi numerasi. Hasil analisis One-Way ANOVA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model CTL dan PBL terhadap kemampuan literasi numerasi (signifikansi = 0,003 < 0,05). Selanjutnya, uji Tukey menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti model CTL memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik, dengan rata-rata skor 17,71, dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model PBL (rata-rata skor 17,43) dan model pembelajaran langsung (rata-rata skor 15,06).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...