Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Proses Memecahkan Masalah Numerasi Konten Bilangan pada Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif

Ramadhani, Shafira Zain Syauqi (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah numerasi konten bilangan pada siswa SMP dengan pendekatan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang sesuai dengan tujuan tersebut. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas VII SMP, masing-masing satu siswa dengan gaya kognitif reflektif dan satu siswa dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif dapat melalui seluruh tahapan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Siswa reflektif menunjukkan ketelitian dan kehati-hatian dalam setiap tahap pemecahan masalah. Sebaliknya, siswa dengan gaya kognitif impulsif hanya mampu memenuhi dua tahapan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah dan membuat rencana, namun tidak melanjutkan ke tahap pelaksanaan rencana dan pemeriksaan kembali. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan siswa impulsif untuk terburu-buru dalam menyelesaikan masalah, yang berdampak pada kurangnya ketelitian dalam proses penyelesaian tugas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...