Dalam pembelajaran matematika khususnya numerasi, di Sekolah Dasar UPTD SDI Tarawaja masih sangat rendah. hal ini dapat dilihat dari hasil Tes. Oleh sebab itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Numerasi melalui Media Kartu Angka Bergambar, Berbasis kearifan Lokal Budaya Ngada. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Melalui Media Kartu Angka Bergambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 berjumlah 12 orang. Data yang diambil yaitu Hasil Tes, Hasil observasi bersama Wali Kelas dan Hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua Siklus. Tiap siklus meliputi 4 tahap, Tahap pertama yaitu Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Pada siklus I Presentase skor untuk observasi peneliti 85%, Observasi siswa 75%. Sedangkan pada siklus II presentase skor untuk observasi peneliti 90% dan observasi siswa 84%. Dari hasil evaluasi pada siklus I nilai rata-rata 66,09 presentase ketuntasan 56,67% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 77,88% dan presentasa ketuntasan 87,50%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥75%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024