Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk casa pada bank Ocbc syariah. Yang kedua adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran CASA dalam keputusan menabung nasabah di Bank OCBC NISP Syariah. Untuk mendapatkan jawaban atas permasalah yang ada, maka Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan penjelasan dan gambaran lebih mendalam tentang strategi meningkatkan pendanaan murah/CASA pada OCBC NISP Syariah Makassar, selain itu juga dengan menggali informasi dari masyarakat/nasabah terkait produk bank OCBC. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk CASA terhadap kenaikan DPK yang diterapkan oleh Bank OCBC Syariah meliputi strategi 7P, dimana strategi produk berfokus pada kebutuhan nasabah, transparansi, dan kemudahan akses. Dampak strategi pemasaran ini dinilai cukup efektif, dapat dilihat dengan adanya perubahan proporsi CASA terhadap DPK dari tahun 2018 hingga 2022, meningkat dari 42% menjadi 94,1% atau naik hingga 52,1%. Implikasi dari penelitian ini adalah agar bank dapat terus melakukan evaluasi secara berkala atas strategi pemasarannya agar tetap efektif di masa mendatang. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk CASA, Kenaikan Dana Pihak Ketiga.
Copyrights © 2024