Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas strategi Destination, Origin and Time yang diterapkan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Ende.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yakni teknik analisis naratif. Hasil penelitian ini mengkaji strategi pemasaran Desa Wisata Ende yang dilakukan oleh pengelola desa dan Lombok Culture Tour and Travel dengan menggunakan pendekatan Destination, Origin, and Time (DOT). Hasil penelitian menunjukkan adanya kesamaan pandangan antara kedua pihak dalam beberapa aspek, meliputi daya tarik utama Desa Ende yang menjadi fokus promosi, segmen pasar wisatawan yang menjadi sasaran, serta pertimbangan waktu atau musim kunjungan dalam strategi pemasaran. Namun, terdapat perbedaan dalam evaluasi dan rencana pengembangan masing-masing pihak untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Secara keseluruhan, ditemukan adanya sinergi yang baik antara pengelola Desa Wisata Ende dan Lombok Culture Tour and Travel, yang tercermin dari persamaan pandangan dan adanya evaluasi serta rencana tersendiri. Kolaborasi yang solid antara kedua belah pihak sangat penting dalam mempromosikan dan memasarkan Desa Ende sebagai destinasi wisata yang menarik secara efektif dan berkelanjutan.Kata kunci: Pemasaran, Destination Origin And Time (DOT)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024