Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan metakognitif peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group pretest-posttest. Populasi seluruh peserta didik kelas IV SDN 119 Palembang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 121 peserta didik. Sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan metakognitif yang berbentuk uraian. Instrumen penelitian sudah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran sehingga instrumen layak digunakan. Dari hasil peneltian diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 43,33 dan kelas eksperimen sebesar 66,39. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t (Independent sample t-test), sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data tersebut, hasil yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < ( yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh kemampuan metakognitif peserta didik melalui model pembelajaran Guided Inquiry.
Copyrights © 2024