Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Gunung 01 Pagi

Desy Putri Rahmawati (Universitas Negeri Jakarta)
Uswatun Hasanah (Universitas Negeri Jakarta)
Taofik Taofik (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada muatan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan model Predict, Observe and Explain (POE) di kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdapat 2 (dua) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gunung 01 Pagi yang berjumlah 27 siswa. . Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta dengan soal evaluasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat dilihat setiap siklusnya dengan menggunakan soal evaluasi yang dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA di kelas IV SDN Gunung 01 Pagi. Siswa mengalami peningkatan dibuktikan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi prasiklus 33,3%, meningkat pada siklus I menjadi 59,3%, dan pada siklus II mencapai 81,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...