Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada muatan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menggunakan model Predict, Observe and Explain (POE) di kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdapat 2 (dua) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gunung 01 Pagi yang berjumlah 27 siswa. . Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta dengan soal evaluasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat dilihat setiap siklusnya dengan menggunakan soal evaluasi yang dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA di kelas IV SDN Gunung 01 Pagi. Siswa mengalami peningkatan dibuktikan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi prasiklus 33,3%, meningkat pada siklus I menjadi 59,3%, dan pada siklus II mencapai 81,5%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024